Mochammad Amirul Mu'minin

Hmmm, sudah lama sekali dari aku nulis blog T E O T E B L U N G. 
Very well, how's life gaes? Anyway, yes, aku pengen cerita satu lelaki lagi, yang pernah jadi bagian di hidupku. 
Well, my blog contains of my menye-menye love story yaa, haha, if you don't like, feel free to skip it. 


2010... 
Aku bisa dibilang orang yang ngga suka kumpul-kumpul segala jenis organisasi. Maybe I am an introvert (?) but yeah, ga tau gimana aku pengen banget waktu itu masuk himpunan mahasiswa di kampus. Oh iya, waktu itu aku aku ambil kuliah D3 Tekkim di salah satu kampus di Malang. 
Ternyata berorganisasi itu menyenangkan. Jadi bisa kenal sama temen-temen kelas lain. Another fun fact gaes, aku orang nya ga pernah kenal sama temen-temen di luar kelas ku, mulai dari SD sampe segede ini. Mungkin terlalu cuek? Or terlalu ga mau kenal sama banyak orang? Hahaa.. 

Long story short,
Aku lupa gimana dulu aku dekat sama Amir. Yes, we called him Amir or Amirul. 
Mulai dekat emang karena himpunan, tapi setelah itu kami intens komunikasi. Ya namanya cewe diperhatiin terus, boleh dong baper, hahaa.. Alhamdulillah waktu itu ternyata kami seperasaan, widiiiww.. 
Aku beneran amazed sama sosok Amirul. Cowo tersabar dan terngalah yang pernah kutemui seumur hidupku. Mungkin sebagian orang di belahan dunia lain uda ketemu sama model orang yang seperti itu, tapi aku? First time in forever. Aku rasa sih kalo ada anak dari kampus dan sejuruasan sama aku dan baca yang aku tulis mereka setuju dengan pendapatku. 
Amirul rela sakit demi lihat orang lain senang, I am telling you the truth! Pernah suatu saat doi cerita, mungkin saking keselnya kali ya. 

Amirul (Bibii/ B)
Ayin (Mimii/M) 
(maaf lo gaes, biasalah alay wkwk) 

M : kenapa se kamu Bii, kok cemberut aja? Ada apa? 
B : engga ko Mii, ga ada apa-apa
M : Age talah, ceritao ga papa tak dengerin. 
B : Ya wes, aku lo Mii sebenernya kesel sama si "A", soale bla bla bla.... 
M : Ya wes ta Bii, kamu tu lek ndak suka ngomong o sama dia, biar sama-sama enak. 
B : Mii, cari temen itu lebih susah daripada cari musuh, biarin aja wes nanti lak berhenti dewe. 


See??? 
Sengalah itu gaes, kalo gue uda gue caci maki tuh bocah yang bikin gue gedeg. hahaha.. 
Dia pernah cerita sama aku, katanya dia punya beban menyandang nama "Mochammad" di namanya. Yes, nama seperti Baginda Rasullullah Muhammad SAW. Dia bener-bener ingin belajar meneladani sifat Baginda Rasulullah (mungkin ?) seperti tetap tersenyum ketika di hina seseorang. Masya Allah, gimana ga makin cinta tuh aku hahaa.. 

Lalu, 
Di belakang kampus ada pondok pesantren gitu. Nah Amirul memutuskan buat mondok di situ. Dari sini hubunganku sama dia sedikit merenggang. I understood lah ya, pondokan itu gimana, banyak yang dilakukan kayak ngaji, setoran hafalan Qur'an. Dan gong nya adalah ga boleh pacaran. Wuuss, gonjang-ganjing dunia persilatan. Kegalauan melanda ye kan. Putus nyambung putus nyambung. 
Dan pada akhirnya putus banget pas February 2012. 

Inget banget ya Allah waktu itu. 

Kalian pernah ngga sih lihat seorang cowo nangis, serapuh itu, pilih antara ngelepas yang dia sayang, sama syariat yang harusnya emang di jalanin. Aku antara senang sekali dan sedih sekali. Iya, senang, karena aku tau sesayang apa Amirul sama aku, sedih karena aku ngga bisa deket lagi sama dia just like the way it was. He gave me His Qur'an and he said, "Mii, ini Al Qur'an kesayanganku, Al Qur'an yang aku pake buat hafalan, Al Qur'an yang selalu nemenin aku. Aku kasih ke Mimii. Aku sayang banget sama Mimii. Tapi maaf Mii, aku ngga bisa nemenin Mimii lagi, Mimii cari cowo yang bisa jagain Mimii terus yaa Mii, insya Allah aku ikhlas." 

Nangis dong aku gaes, sampai aku nulis ini pun aku juga nangis, duh Gusti 😢😢😢

Itu terakhir kali nya aku lihat dia pergi, dalam keadaan sehat walafiat. 

.
.
.
.
.

Lah? Emang setelah itu ga sehat? 

.
.
.
.
.
.
.

Sek to, kan aku belum selesai ceritanya, sabar. 

Waktu itu, kami ada di semester akhir perkuliahan. Gila ngga tuh, pusing TA, pusing PKL, eh ditambah broken heart 💔 
Aku pikir, oke lah gapapa jalanin aja dulu yang penting aku masih bisa komunikasi sama Amirul masih tenang lah. 
Iya, semester akhir aku ngajuin PKL di salah satu perusahaan di Cilacap. Tadinya aku ngajak Amirul dan partner nya untuk ikut PKL di sana, tapi ku dengar Amirul ngga dapat ijin dari Ibunya karena terlalu jauh. Akhirnya dia ambil PKL di salah satu perusahaan di Tuban. 

Jaman dulu masih ngga ada WA ya gaes, smartphone aja masih jaman-jamannya bebe ye kan jadi aku komunikasi sama dia by SMS, romantis kan. Beberapa lama waktu PKL aku SMS Amirul, ngga ada jawaban. Akhirnya aku SMS si (sebut saja Adi, partnernya). 

Ayin : Di, piye Amirul kabare? Tak WA ngga di bales, areke ngamuk a mbe aku Di? 
Adi : Eh ayin, Amir apik yin kabare. Itu hapenya dia hilang, jadi ngga bisa bales SMS. 
Ayin : Oalah, alhamdulillah lek ngunu Di, 
Adi : Iyo yin, tapi areke kurus saiki, tapi sehat kok. 
Ayin : (panic attack) Lho opoo Di?
Adi : Kekeselen paling yin, nggarap PKL mbe proposal TA 
Ayin : Yo wes Di, lek Amirul sakit tolong kabarono aku. 
Adi : Oke Yin. 

Dari situ, perasaan ku ngga enak, aku cari tahu keadaaan dia dari semua temen-temennya, dan mereka bilang Amirul baik-baik aja. 
Sampai suatu saat setelah salah satu temen PKL ku balik dari Malang, aku dapat kabar dari dia kalau Amirul mau cuti kuliah, karena sakit. Rasanya kayak kesamber gledek di siang hari bolong. Sakit apa dia sampai mau cuti sekolah? Ngga ada yang ngasi tau, dan lagi-lagi mereka bilang Amirul baik-baik aja. Beberapa hari setelah dapat kabar itu, aku terima broadcast message dari temen-temen di kampus, Amirul masuk rumah sakit, dia sudah ngga inget sama siapa-siapa lagi, nangis dong kejer gue. Alhamdulillah nya PKL sedikit lagi selesai. Malam atau beberapa hari setelah itu, aku dapat kabar lagi kalau Amirul koma, masuk ICU. Gimana ngga makin kayak orang gila itu aku di Cilacap, nangis sejadi-jadinya. Kirim Al Fatihah, Yaasin setiap saat. Aku ngabarin orang tuaku, minta tolong jengukin kasi kabar ke aku, gimana keadaannya Amirul. Yes, emak bapak tau kalau aku dekat dengan Amirul. Aku tau mereka bohong ketika mereka kasi kabar Amirul sudah stabil, hanya untuk membuat aku tenang di Cilacap. 

Laporan PKL tinggal jilid doang waktu itu, ku serahkan senmuanya ke partnerku untuk menyelesaikan sisanya dan aku ingin segera balik ke Malang, cepat-cepat ke RS nungguin Amirul. 
Oh iya, aku ingat, waktu itu aku beli dua bolpen lucu, yang satu untuk aku dan yang satu untuk Amirul. Blopen yang untuk Amirul tintanya bleber kemana-mana. Pertanda ngga baik, dalam hatiku, tapi aku mengacuhkannya, masih optimis Bibii ku masih bisa sembuh. 

Long story short (lagi), 
Aku sampai di Malang langsung bergegas ke RS, karena Amirul dirujuk dari RS dekat rumah ku ke RSUD Malang. Di RSUD aku sempat marah karena Amirul masih di ruang tunggu, belum dapat kamar intensif. Akhirnya, dia masuk ke kamar isolasi penyakit paru-paru. 
Yang buat aku terharu, waktu aku datang ke RS, Ibu nya Amirul peluk aku sampai nangis sambil bicara, "Alhamdulillah ya Allah, dek Ayin ya ini, obat e Amirul, penyemangate Amirul teka" Kaget ngga sih denger itu, karena sekalipun aku belum pernah bertemu sama keluarganya Amirul. Ku tanya waktu itu, diagnosa awal Amirul kena sakit maag, setelah di suntik obat di RS sebelumnya dia kejang dan akhirnya koma. Di RS ini, aku tau Amirul kena masalah di paru-parunya. Entah paru-paru basah, entah TBC dan penyumbatan cairan otak. Aku tanya kapan otaknya mau dioperasi, tapi kata dokter belum bisa karena kondisi Amirul kritis, belum stabil. 
Seharian ku tunggu Amirul di RS, dari pagi sampai maghrib. Kucium tangannya, keningnya. Hatiku hancur, sehancur-hancurnya. Aku berjanji besok kembali untuk menemaninya lagi, dia menggerakkan kedua bola matanya, menunjukkan ada respon dari semua perkataanku. 
.
.
.
.
.
.

28 April 2012, 

Ketika itu aku menunggu salah seorang temanku, janjian bareng ke RS untuk menjenguk Amirul. Waktu menunjukkan pukul 10.00, aku masih ingat betul saat itu. Tiba-tiba handphone ku berdering. Dari ujung telpon, "Nduk, ikhlasno yo, Amir wes ga onok" Suara Bapaknya Amirul. Gledek kali ini membuat tubuhku ngga berdaya, lututku lemas, nangis sejadi-jadinya, Amirul, Bibii ku tersayang, pergi selama-lamanya, sehari setelah kita bertemu. Apa dia nunggu aku pulang buat pamitan? Aku tak tau. 

Duniaku berhenti kala itu, sakit.. sakit sekali rasanya.. Kenapa bisa aku ngga tau kalau dia punya sakit separah ini? Amirulku ngga bisa bertahan dengan sakitnya. Dia menyerah sama semuanya. Mungkin Amirul lega juga kami masih bisa bertemu walaupun keadaan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Amirulku, lelaki kesayanganku, mantan terindahku. 

And now, 
It's been 7 years, ketika teringat waktu itu, rasa sakitnya sama, sedihnya sama, rindu yang ngga kesampaian itu sungguh menyiksa. Sesekali dia hadir di mimpiku. Hanya untuk melempar senyuman, atau lewat dan hilang begitu saja. Amirul punya tempat sendiri di hatiku, jauh di lubuk hatiku, ngga ada yang bisa ngerubah itu. Untuk Teo, atau siapapun yang akan jadi pendamping hidupku kelak, yang baca blog ini, aku cuma bilang, cemburu sama Amirul itu sia-sia, dia ngga akan bisa balik ke hidupku. Rasa sayang ku ke Amirul, dan rasa sayang ku ke kamu jelas beda. Amirul itu kenangan terindahku, kehidupan masa laluku, sedangkan kamu, kamu kehidupanku sekarang, masa depanku, dan teman hidupku sampai akhir nanti. 

Banyak pelajaran berharga dari sesosok Mochammad Amirul Mu'minin, bukan karena aku baik-baikin dia karena sudah meninggal, NO! Karena dia, sosok terbaik yang pernah hadir di hidupku. 
Maafin aku ya Bii, kalau aku masih suka cengeng kalau ingat kamu, masih banyak yang melenceng dari yang pernah kamu ajarin, masih banyak dosa dan jauh dari Allah, dan pernah menjerumuskan Bibii ke hal yang ngga baik. 

Semoga kamu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT ya Bii, dilapangkan kuburnya, dibukakan pintu maafnya, diterangi jalannya 💓

Illa hadratti khususson Mochammad Amirul Mu'minin, Al Fatihah ...



Komentar

Postingan Populer