N O W A D A Y S . . . . .

Saya rindu jaman2 yang kalo hari minggu cartoon marathon di rcti mulai pman, let's go, dst. Saya rindu denger suara anak2 kecil yg lagi main gundu, congklak, gobaksodor, cublak2 suweng, terus berantem kalo kalah sampe nangis baru buyar HAHAHA. Rindu liat anak2 kecil pake peci, pake jilbab lari2 seneng banget kalo sore ngaji, abis ngaji jajan ngga langsung pulang. Saya juga menikmati masa dimana papa page pager, harga no.hape masi sejuta lebih katanya sih no.cantik 😂😂 dan masih banyak lagi.

Jaman makin lama makin maju, masuk era milenium (sekitar tahun 2000an) perkembangan teknologi itu makin pesat. Ngeliat yg ada dilingkungan, anak2 kecil jaman skrg uda ngga kenal buku bacaan lagi 😭 susah banget diajakin komunikasi, bantahin orangtua (termasuk gueh, astaghfirullah), kecil2 uda pacaran (yelahhhh eek dicelana aja blg aatu untuk selamanya) dan masih banyaakk lagi. Suka sedih, takut kalo aku nanti kebablasan memanjakan anak. Kenapa ngga dari sekarang yang anaknya masih kecil2 dirubah pola didiknya yaa? Ngga melulu dikasi gadget. Dikenalin gitu ama temen2, main, sosialisasi gitu, nanti gede dia kebiasa nyrawung sama orang, diajarin liat baik buruk dari lingkungannya. Dikenalin sama buku, cari sumber apapun ya dari buku. Kalo perlu dirumah ada mini library (mimpikuuuu bangets). Karena pengalaman sendiri, aku ngga suka baca jadinya ngerti ya skdr itu2 doang. Gadget ada waktunya. Orangtuanya aja yg pake gadget, anaknya jangan. Kalo perlu informasi dari gadget di prin dijadiin kliping kek apa kek. Biar apa yaa, anak itu ngga males buat nyari, cuma bsa copas doang, tapi ngga ngerti isinya apa (ya Allah, ini asli aku banget, maapin ya Allah 😭😭😭) Tegesin anak (kayak uda punya anak aja hahaha, soon deh aamiin) tapi bukan berarti harus main tangan, kata kasar, atau gmn. Aku suka parenting methodnya Mba Astrid Satwika. Mba nya punya anak umur 2 tahun namanya Rania tapi uda pronounce englishnya uda one step forward buat anak seusianya. Dan keluarganya emang kece parah. YOUR CHILDREN'S ATTITUDE REFLECTS HOW YOU EDUCATE THEM

Ada yang bilang "Kan aku repot kerja, ngga bsa lah stay buat ngurusin anak ini itu!" ada lagi (maaf yaa kali yg ini) "dia hamil kan ngga sengaja, kita khilaf waktu itu" Kalo aku rudely pasti bilang "bacot lo ngga sengaja? Kalo ngga sengaja lo ngga niat bikin anak? Punya otak dipikir dulu. Nah kalo lo ngga mau repot ngapain lo nikah, kawin, punya anak? Cuma mau enaknya doang? Yelah brooo, kalo anak mah sampe mati itu tanggungjawab lo, walopun ngga sengaja. Sesibuk2nya lo ya gmn caranya lah lo ngeluangin waktu buat anak. Baca kek pelajarannya tadi disekolah, tanyain gmn sekolahnya, prnya mana diteliti sini. Kalo ngga mau punya tanggungjawab gede yaa ngga usa bikin anak, repot amat. Idup pake otak ngga pake dengkul ama kelamin doang!"

Bring back what we call "childhood". Yg namanya childhood itu yaa main, belajar nyanyi pok ame ame, peek-a-boo, dkk. Setelah panjang lebarrr, intinya aku pengen menerapkan sistem pendidikannya steve jobs ke anak2nya. Aku pengen generasi yang akan datang itu bukan yang dikendalikan oleh teknologi, tapi mereka yang take control of technology itself. No gadget at all kalo masi kecil, Al Qur'an dan buku. 🙇 Semoga saja bisa diterapkan, aamiin

Komentar

Postingan Populer